Jumat, 09 April 2010

Cendekia College


PROFIL CEKO

Cendekia College (CEKO) Jl Cempaka Putih Barat 26 No 2 Jakarta Pusat (021) 264 398 30

Bimbingan belajar dengan nama Cendekia College (CEKO) ini berdiri sekitar 4 tahun lalu. Sebelum resmi didirikan, Susilo Kartiko dan Mukti Jaka Utama, yang merupakan pencetus berdirinya Cendekia College sering memanfaatkan momentum ujian nasional dengan mengadakan kelas jauh atau privat.Setelah melihat peluang yang cukup bagus, mereka akhirnya sepakat untuk memformalkan Cendekia College.

Arti dari Cendekia sendiri, menurut Susilo Kartika, adalah integrasi antara smart dan aspek moral yang dapat membangun rasa percaya diri anak-anak didiknya, Sehingga dapat mengeliminasi jalan pintas dengan mengandalkan bocoran/contekan ketika ujian. Di sini, kita ingin anak-anak percaya dengan kemampuan sendiri.

Program yang diberikan oleh bimbel yang dulunya berlokasi Kebayoran Baru ini, adalah program reguler. Mulai dari kelas 3 SMP - 3 SMU. “Biasanya, untuk anak-anak kelas 1 -2 tujuannya hanya untuk naik kelas. Sedangkan untuk kelas 3, tujuannya bisa lulus sekolah dan mendapat SMU negeri atau universitas negeri,” jelas Susilo.

Kalau biasanya banyak bimbel yang berlomba dengan program jaminan lulus atau mendapat SMU atau universitas negeri, Cendekia College tidak begitu. Kata Susilo, tahun lalu kami memang memberikan jaminan, tapi setelah dievaluasi, ternyata hasilnya tidak akan maksimal kalau murid-muridnya sendiri tidak serius.

“Program jaminan itu, muridnya harus serius dan benar-benar mau belajar, kalo tidak, akan percuma. Sebenarnya kita tidak bisa menjamin, fungsi bimbel di sini hanya sebagai fasilitator. Kalo murid merasa kurang waktu belajar di sekolah, mereka belajar dibimbel,” ungkapnya.
Makanya, lanjutnya, berkaitan dengan fasilitas dan pelayanan yang kita berikan, Cendekia College menyediakan “guru jaga” yang berfungsi sebagai tempat bertanya murid jika ada kesulitan dalam belajar. Biasanya murid-murid memiliki kesulitan dalam pelajaran matematika, fisika, atau kimia.

Karena kurikulum sekarang memungkinkan materi pelajaran diberikan berbeda-beda antar sekolah meski persepsinya sama, Cendekia College lebih mengupayakan dalam satu kelas muridnya berasal dari sekolah yang sama.

“Itu agar materi pelajaran yang diberikan bisa bersinergi dengan mata pejaran di sekolah. Dan bila ada 1 atau 2 anak yang lain sekolah, mereka bisa ikut Klinik Belajar atau belajar tambahan tanpa dikenakan biaya,” tutur Susilo.

Sekarang Cendekia College atau yang sekarang lebih dikenal CEKO membuka outletnya di daerah Cempaka Putih. Mukti mengatakan daerah ini sangat mejanjikan karena banyaknya sekolah di sekitarnya. Oleh karena itu program yang ditawarkan adalah bimbingan mulai dari SD kelas V sampai 12 SMA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate This Blog