Rabu, 05 Mei 2010

UNIVERSITAS DAN JURUSAN APA YANG PALING MAMPU MEMBERIKAN GAJI TINGGI BAGI ANDA ?

Punya rencana kuliah di Amerika?kalau iya maka kalian harus baca ini selain masalah utama seperti sarat-sarat toefl, visa dan tentunya budgeting pilihan akan universitas dan jurusan merupakan yang paling krusial, biar kalian ngak Cuma numpang lewat saja di Amrik sono. Seperti contoh banyak dari temen-temen gw yang kuliah di Boston university modalnya Cuma duit sebesar 200 juta rupah saja, kualitasnya?..yuk mari ok guys kita lihat universitas mana saja yang lulusannya di hargai paling mahal di USA sana...liat grafiknya..



Garis biru mewakili gaji untuk mid karier yakni karier lanjutan selama lima tahun penuh, sementara garis abu-abu adalah gaji untuk kalian para fresh graduate alias pemula. Lihat baik-baik grafiknya untuk mid-karer Dartmouth College ternyata yang tertinggi bahkan melebihi Harvard dan M.I.T, tapi tentunya anda harus berkarier minimal lima tahun untuk bisa dihargai semahal ini.

Lalu bagaimana dengan para fresh graduate?bagi kalian lulusan M.I.T bolehlah berbangga hati karena masa depan kalian nampaknya begitu cerah, fresh graduatenya dihargai paling tinggi dari pada fresh graduate lain. Saingan untuk gaji tertinggi bagi para alumnus muda ini dipegang oleh Harvey Mudd College di susul oleh California Institute of Technology (C.I.T) sedangkan lulusan baru Harvard justru dibawah tiga college tadi bahkan di bawah musuh bebuyutan mereka Princeton, wonder why??? Karena Harvard adalah omnivora maksud gw Harvard itu sama dengan U.I, UGM atau UNPAD mereka mempunyai banyak major termasuk paling umum di bidang sosial mulai dari antropologi sampai theology nonggol di kampus ini, sedangkan tiga college dengan gaji fresh graduate tertinggi adalah karnivora di bidang teknologi..mengertikan sekarang lulusan technology lebih banyak dibutuhkan dan dihargai...

The fact:
1. Dartmouth College has the highest median mid-career salary
Yup guys Dartmouth college adalah universitas dimana lulusan mereka yang telah berkarier selama 10 tahun di gaji paling tinggi..ehemm mungkin dikampus ini di ajarkan loyalitas biar kita ngak pindah-pindah kerja kali ya..
2. Loma Linda University has the highest median starting salary
Kalau lulusan Darmouth baru di hargai tinggi sekali setelah 10 tahun berkarier maka lulusan Loma linda ngak perlu nunggu selama itu cukup bekerja selama 5 tahun saja mereka sudah dapat gaji yang setara dengan para lulusan Dartmouth, tapi ini hanya berlaku bagi mereka yang lulusan jurusan kedokteran dan kesehatan..nampaknya universitas ini menghasilkan banyak dokter dan perawat hebat sampai hanya satu jurusan saja yang terkenal...
3. In general, engineering schools produced the best starting salaries
Betul banget guys kalau lulusan dari tehnik merupakan lulusan yang fresh graduatenya di bayar paling tinggi..universitas tehnik menguasai 8 dari 10 universitas dimana fresh graduatenya dibayar tinggi, sementara universitas omnivora menguasai 5 dari 10 universitas yang lulusannya dibayar mahal setelah 5 tahun bekerja..jadi pilih mana mau langsung dibayar tinggi? Ya masuk tehnik kalau mau jaminan jangka panjang ya masuk social..tapi Cuma berlaku di Amrik ya boo bukan di sini inget itu.

Major Matter!!!
Ingat kuliah juga bukan hanya tentang kemauan kita tapi juga investasi jangan sampai kalian jauh-jauh dan mahal-mahal di Amrik terus nanti susah dapet kerjaan atau malah di gaji murah, tapi kalau ngak suka jurusannya kuliah kita juga ngak bener ya…ha..ha pusing dah mending liat daftar grafik jurusan apa saja yang di gaji paling tinggi..?



Ha..ha..ha edanlah hampir semuanya jurusan tehnik..ya iya dunk kan lebih susah belom lagi ketika mereka bekerja resikonya beribu-ribu kali lipat lebih tinggi dari pada mereka yang bekerja di social field..tapi teteup aja mupeng liatnya.

Hanya ada dua jurusan sosial dimana lulusan baik fresh graduate ataupun yang telah berkarier selama 5 tahun dibayar mahal yakni ekonomi dan psikology, ini membuktikan jika Amerika adalah negara yang membutuhkan para ekonom handal karena tehnology dan ekonomi adalah tiang utama negara ini dua hal yang Indonesia ngak punya...hinks dan satu hal lagi dengan dibayar mahalnya para psikolog nampaknya negara Amerika cukup banyak orang-orang yang memiliki masalah kejiwaan...mungkin mereka sering stress..maybe

Sementara major yang dibayar paling mahal adalah untuk mid-career adalah aerospace jadi kalau udah masuk NASA jangan pindah kerja ya padahal di ITB jurusan sejenis seperti tehnik penerbangan malah kalah pamor dari minyak,tambang dan sipil nampaknya tehnologi bukan kebutuhan orang Indonesia lalu untuk Gaji fresh graduate tertinggi di pegang oleh major chemical walah jauh beda sama di Indonesia ya lulusan kimia justru jarang di cari di sini lulusan baru yang paling sering di rekrut adalah sipil karena Indonesia negara yang berkembang (membangun) mungkin butuh banyak mandor. Industri kimia itu banyak loh mulai dari makanan sampai komestik semuanya membutuhkan ahli kimia seperti bagaimana membuat pengawet makanan yang aman atau bagaimana mengubah sampah non organik agar bisa di urai oleh lingkungan, jadi ahli kimia banyak berperan penting di semua aspek pantas saja Amerika bisa menghasilkan berbagai macam produk sementara Indonesia hanya jadi negara pengkonsumsi..

Lalu Major apa saja yang gajinya rendah...mari kita lihat


Anda lihat sesuatu yang mengejutkan?pastinya selain semuanya jurusan sosial adalah major dengan gaji tertinggi dari semua jurusan dengan gaji rendah ini adalah drama, art, tourism dan education semua major yang kurang diminati oleh orang-orang Indonesia. Sekali lagi membuktikan bahwa bangsa Amerika sangat menghargai seni, pendidikan dan pariwisata ada satu hal yang menonjol dari grafik munculnya major theology..waks jadi pastur harus kuliah plus di gaji walah bagus sekali sementara di Indonesia mau jadi pemuka agama seperti kyai (pokoknya yang suka khotbah di tipi-tipi) liat aja AA gym atau siapapun itu lulusan mana coba jangankan punya gelar lulus saja tidak umumnya mereka Cuma belajar dari kyai lain ataupun lulusan pesantren nan jauh di kampung sono..halah padahal kalau dipikir kan ada Al-Jajazair university terus Kairo university belom lagi di arab juga bejibun nape kaga kuliah di sono kalau alesannya ngak mampu di Indonesia banyak IAIN...dengan jurusan yang sesuai seperti tafsir quran dan komunikasi islam terus kenapa para tukang khotbah itu tidak kuliah di IAIN saja dari pada “berguru” pada individu.

Menurut Alan B. Krueger, a Princeton professor bahwa pemilihan universitas tidak mempengaruhi income mereka di masa yang akan datang justru mereka sendirilah yang menentukan pendapatan mereka, mahasiswa yang ambisius dan mau bekerja keras akan sukses tidak peduli dimana pun mereka kuliah (setuju) justru mahasiswa yang memilih kampus elit seperti Harvard atau Harvey Mudd College adalah para pemalas.(kalau milih universitas anda Princeton pemalas juga dunk..he..he.)

Tapi ketika survey ini dipublish banyak college yang protes loh di Amrik sana kenapa? Karena mereka bilang adalah banyak hal yang di nilai dari sebuah universitas selain income lulusan mereka .
Mereka juga bilang kalau vi ukum dan banyak hal di bidang sosial lain tapi mereka tidak dibayar layak, sedangkan menghasilkan orang-orang yang menjadi insiyur, ilmuwan dan orang-orang yang pergi ke wall street aka brooker adalah pencapaian lain. Intinya setiap major memiliki visi dan misi yang berbeda-beda jadi sangat tidak adil jika dilihat dari income mereka, apakah seorang jaksa, polisi atau guru dinilai lebih rendah dari pada seorang mekanik pesawat ulang aling??

So guys mau jurusan apa pun yang kalian ambil kalau kalian ngak berguna bagi Indonesia nantinya buat apa terlebih kalian yang ambil kuliah di Amerika sana ketika pulang (harus pulang) hanya bekerja tidak menghasilkan apa pun bagi bangsa, lebih baik mereka yang kuliah major sosial seperti hukum tapi bisa jadi jaksa yang memberangus para koruptor atau kalian ambil educational di luar dan mereformasi sistem pendidikan di Indonesia. (Tapi gw juga suka banget klo ada orang indone yang jadi ilmuwan)sumber :http://everybodygoesblog.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share it

Translate This Blog